Breaking News

Mesin Panen Padi Modern, KTM Mesuji Lampung

Musim panen padi kali ini masyarakat KTM Mesuji Timur Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung dapat tersenyum dengan lega, karena mesin pemanen padi bantuan pemerintah melalui dana APBN 2016 sebanyak 2 unit sudah dioperasikan.


Mesin panen moderen KTM Mesuji (dok Ai Aningsih)
"Dengan adanya mesin pemanen padi modern petani padi sangat terbantu bahkan menguntungkan", jelas Ai Aningsih.

"Petani dulu sebelum ada mesin panen padi sangat terkendala karena dalam 1 hektar memerlukan waktu 7 s/d 10 hari hasil panennya baru sampai kerumah, dan hasilnya juga kurang memuaskan. Pasalnya gabah terpermentasi di tumpukan dan juga dalam karung di sawah, sehingga gabah menghitam dan berasnya  berwarna kuning", lanjutnya.


Panen padi (dok Ai Aningsih)
Setelah dilucurkannya mesin pemanen padi modern jenis KOMBINE ini panen padi 1 hektar dapat diselesaikan dalam waktu 3 jam saja gabah sudah sampai di rumah. Gabah pun  bersih tanpa kotoran dan mutu beras menjadi super. Petani KTM Mesuji sangat diuntungkan program bantuan ini. Pertubuhan Ekonomi Masyarakat di Kawasan Transmigrasi KTM Mesuji sangat terpicu.


Panen padi dengan mesin panen moderen (dok Ai Aningsih)
Dalam proses olah tanahpun petani KTM Mesuji sudah menggunakan tenaga mesin berupa traktor.  Dengan mesin ini dalam 1 hektar sawah siap tanam hanya memerlukan waktu 3 jam, tentunya berbeda dengan sebelum ada mesin.  Sawah siap tanam harus memerlukan waktu satu bulan.


Persiapan bercocok tanam padi (dok A Karto)
Dengan alat pertanian modern ini otomatis mempercepat proses produksi beras dari petani, dan dapat mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah. (LK)

Sumber: LikKasjo

Tidak ada komentar