Breaking News

Cara Mengingat dengan Cepat, Trik Mudah bagi Pelupa

Apakah kamu tipe pelupa? Sulit untuk mengingat akan sesuatu dengan mudah? Itu adalah hal yang lumrah atau sangat manusiawi. Kami ada triknya untuk membantu daya ingat. Apa itu? Berikut cara mengingat dengan cepat yang bisa membantu.

Ilustrasi teknik mengingat (gambar esqsmartplus)
Banyak sekali trik-trik yang berkaitan dengan memori ini. Kamu bisa mencoba untuk mencari banyak trik / cara mengingat dengan cepat yang ada di internet. Tetapi, tidak semua bisa menggunakan trik tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Masalah terbesar dari trik memori adalah kesulitan dalam menggunakannya.

Ada banyak teknik memori yang memang bagus, tetapi kita akan melupakan teknik tersebut saat membutuhkannya. Terkecuali, kita menggunakan teknik memori sebagai sebuah kebiasaan.

Bagi kamu yang tipe pelupa, dan ingin mengupgrade kemampuanmu dalam mengingat, maka bisa mempelajari cara mengingat dengan cepat melalui teknik sederhana ini.

Berikut beberapa teknik memori yang mudah / cara mengingat dengan cepat yang bisa kamu praktekkan di kehidupan sehari-hari.

Menggunakan Daftar-Cerita (Story-List)

Salah satu teknik termudah dalam mengingat sesuatu hal adalah dengan menggunakan daftar cerita.

Teknik seperti apa daftar cerita ini? Bagaimana teknik ini bisa membantu kita untuk mengingat sesuatu dengan mudah dan cepat?

Berawal dari sebuah pengalaman di waktu kecil saat pergi ke sebuah pesta. Ada permainan yang cukup menarik. Host pesta memberikan kuis kepada anak-anak untuk melihat 20 item barang di atas meja dalam beberapa menit.

Dan, bagi peserta permainan tersebut diminta untuk menuliskan nama-nama item barang yang sudah dilihat tersebut. Hampir sebagian besar anak-anak tidak bisa menyebutkan semua item dengan benar.

Tetapi, ada 1 anak yang berhasil menyebutkan semua item tersebut dengan benar dan memenangkan hadiah.

Sungguh membuat penasaran…

Mengapa dia bisa mengingat semua item dengan cepat? Apakah memang dia memiliki daya ingat yang luar biasa?

Ternyata, ada sebuah trik sederhana yang diajarkan ayah anak tersebut, yang anak-anak lainnya belum mendapatkannya.

Yaitu, cara mengingat dengan cepat menggunakan teknik mengingat melalui daftar-cerita. Maksudnya, mengingat semua item / objek dengan “mengikatnya” bersama-sama dalam sebuah cerita imajinatif.

Contohnya seperti apa?

Coba kamu mengingat SABUN, SUSU, MADU, SENDOK, dan BUNGA…

Dengan menggunakan teknik mengingat daftar-cerita ini, mulailah merangkaikan item / objek tersebut dalam sebuah cerita imajinatif yang dekat dengan kehidupan keseharian kita.

Misalkan cerita itu bisa seperti ini…

Saya pergi ke dapur untuk mengambil SABUN. Sambil cuci tangan, saya mencuci gelas yang berisi SUSU. Lalu, setelah tangan bersih, saya mengaduk minuman MADU menggunakan SENDOK. Dan, akhirnya mengambil buket BUNGA lalu tersenyum di depan cermin.

Dengan menggambarkan semua item tersebut dalam cerita imajinatif versi kamu sendiri, kamu akan dengan mudah mengingatnya dan biasanya akan tidak mudah terlupakan di memorimu.

Itu salah satu cara mengingat dengan cepat yang bisa kamu lakukan.

Masih ada beberapa trik memori lainnya…

Misalkan, saat kamu hendak ingin mengingat nama orang, kamu bisa mengatakan kepada dirimu sendiri. “Ingat nama itu”.

Perkataan pada diri sendiri tersebut adalah sebuah sinyal pikiran alam bawah sadar kita, untuk memberikan peringkat input memori tentang nama tersebut lebih penting daripada yang lain.

Kamu mengetahui MENGAPA ingin mengingat sesuatu dan BAGAIMANA kamu akan mengingatnya. Itu juga membantu kita mengupgrade memori ingatan.

Misalkan, jika ingin mengingat seseorang, bertanyalah mengapa orang tersebut penting bagimu di masa depan, dan bayangkan dimana kamu akan melihat orang tersebut berikutnya, serta hubungkan segala sesuatu yang kamu ingat tentang orang tersebut.

Dengan mencoba memprioritaskan hal-hal ini akan sangat membantu dan asosiasi tambahan akan juga mengatur memori lebih kuat di otak kamu.

Apakah kamu pernah lupa meletakkan sesuatu, misalkan kunci motor? Bagaimana caramu untuk mengingatnya? Apakah kamu punya cara mengingat dengan cepat objek yang pernah kamu simpan?

Salah satu cara termudah untuk tetap mengingat dimana kita meletakkan / menyimpan barang, adalah saat meletakkan barang tersebut, selalu imajinasikan seluruh “rangkaian adegan” dari kita berjalan hingga meletakkan / menyimpan barang tersebut.

Cara ini akan jauh lebih mudah untuk memanggil kembali ingatan kita dan mencegah terlupa tempat dimana objek disimpan.

Itu hanya beberapa trik memori sederhana untuk mengingat sesuatu dengan mudah. Masih banyak cara mengingat dengan cepat lainnya yang bisa kamu lakukan.

Jika trik itu ingin menjadi bermanfaat, sebaiknya tidak sekedar untuk dibaca. Tetapi juga buat teknik memori tersebut menjadi sebuah kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari diri kita. Mulai hari ini.

Ditulis oleh Caesar Anggara
Dikutip dari https://www.jatik.com

Tidak ada komentar