Breaking News

Minum, Duduklah

Ilustrasi minum (doc TribunNews)
Ilustrasi minum (doc. Tribun)
Apabila Anda sedang minum lakukanlah dengan duduk, jangan sambil berdiri. Hal tersebut disampaikan kepada saya, oleh istri saya, yang bersumber dari perkataan atau nasehat seorang konsultan gizi/ahli gizi/perawat bidang gizi di Rumas Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang (RS Roemani), Jumat (27/1/17) di rumah sakit tersebut. Terkecuali Anda minum air disaat berenang karena tidak disengaja. Usahakan kalau minum jangan sambil berdiri.
Saya belum sempat tanya kepada istri saya, mengapa harus demikian, istri saya langsung menimpali perkataannya “Iya, kata perawat bidang gizi tadi, kalau minum sambil berdiri, maka akan dapat merusak ginjal”. Sayapun dalam hati menjawab “siap mi”, (mi maksudnya Umi, itu adalah panggilan anak-anak kepada istri saya sehari-hari). Dan bertanya kepada umi, “memange kapan ketemu ahli gizi (kapan ketemu ahli gizi dan menyampaikan hal itu)”, istri saya menjawab “baru saja tadi saya konsultasi tentang gizi, dan beliau termasuk menyampaikan kalau minum jangan berdiri tapi harus duduk, karena dapat merusak ginjal”. “Iya…”, jawabku singkat.
Meskipun saya belum mencari-cari artikel tentang manfaat minum sambil duduk, saya pun langsung percaya bahwa minum dengan berdiri dapat mengakibatkan gangguan ginjal dan lambat laun apabila sering melakukannya maka akhirnya merusak ginjal, karena itu sejalan dengan ajaran agama kami (Islam) agar ketika minum dilakukan dengan duduk.
Oleh sebab itu, marilah agar ginjal kita lebih awet, apabila sedang minum maka melakukannya dengan duduk dan tidak dengan berdiri. Kemudian ada pertanyaan, bagaimana seandainya saat resepsi sementara tempat duduk tidak tersedia, karena biasanya pada saat acara resepsi, apalagi makan ala prasmanan (mengambil makan-minum sendiri tanpa dilayani), tempat duduk hanya disediakan di tepi, kalau memang terpaksa harus melakukan dengan berdiri, mari kita lakukan namun harus minta ampun kepada-Nya (istighfar) dalam hati.
Sesuatu yang ringan bahkan sepele, hanya minum dengan berdiri dapat mengakibatkan gangguan ginjal, bahkan dapat merusak ginjal. Apakah sudah ada penelitian, mari kita cari dan bertanya pada mbah Google, semoga jawabnya lebih jelas. Terlepas dari itu (adanya informasi hasil penelitian, atau pencarian di mesin pencari), marilah nasehat sederhana ini kita jalankan, toh ajaran agama kita sudah mengajarkan demikian.
Semoga bermanfaat.
Wea News (Suwardi)

Tidak ada komentar